Bisnis

Pemilik Usaha Kecil: Meningkatkan Laba dalam Operasi Harian

Ketika Anda memiliki bisnis kecil, ada lusinan orang dan proyek yang bersaing untuk waktu dan perhatian Anda. Mungkin sulit untuk mengetahui di mana harus memfokuskan sumber daya Anda dan mudah menjadi kewalahan.

Lebih jauh lagi, selama bertahun-tahun saya berkonsultasi, apa yang saya temukan sebagai perbedaan dalam keberhasilan atau kegagalan bisnis bukanlah jumlah uang, atau tingkat pendidikan tim manajemen. Itu adalah kebiasaan dan keyakinannya sehari-hari yang menentukan keberhasilan atau kekurangannya.

Apa keuntungannya? Sederhananya, jumlah uang yang diperoleh perusahaan setelah transaksi dan pembayaran pajak selesai.

Pemikiran konvensional mengatakan tentang keuntungan, pendapatan – pengeluaran = keuntungan. Namun, metode ini gagal mengukur peluang yang terlewatkan.

Apa itu peluang yang terlewatkan?

Pertama, bisnis memiliki orang-orang yang melakukan aktivitas setiap hari. Peluang yang terlewatkan adalah kegiatan tersebut tidak diukur, dikelola, dan dimanfaatkan secara real time.

Faktanya manajemen, profitabilitas perusahaan Anda tergantung pada seberapa konsisten karyawan Anda melakukan aktivitas tertentu yang meminimalkan kesalahan.

Berikut adalah 12 tips untuk membantu bisnis Anda meningkatkan efisiensi operasional, mengurangi biaya, meningkatkan kepuasan pelanggan, dan tetap terdepan dalam persaingan.

1 – Jalani hidup yang seimbang

A. Pekerjaan dan bisnis bukanlah segalanya dan akhir dari seluruh hidup Anda. Belajarlah untuk bersenang-senang! Habiskan lebih banyak waktu dengan keluarga Anda. Ambil liburan sesekali. Terlibatlah dalam kegiatan yang akan memperbarui semangat dan hidup Anda. Jaga diri dan kesehatan Anda, berolahraga dan makan buah dan sayuran. Produktivitas dan fokus Anda akan meningkat jika Anda sehat dan bebas stres. Kesehatan yang buruk dan perceraian telah merusak lebih banyak bisnis daripada yang bisa saya tulis di artikel ini.

2 – Maksud: Tujuan, Sumbu, dan Visi

A. Temukan rencana bisnis Anda dan perbarui. Sejak awal bisnis Anda, sejumlah faktor harus berubah – dari iklim bisnis umum hingga lini produk Anda. Ingatlah semua perubahan ini, pikirkan tentang iklim bisnis dan ekonomi, pertimbangkan tujuan Anda dan keluarga Anda, dan dapatkan penilaian yang jelas tentang arah bisnis Anda. Hubungi pelatih bisnis Anda, jika ada. Apa visi umum Anda untuk pekerjaan Anda? Apa tujuan Anda 5, 10, 15, 20 tahun dari sekarang? Apa tema bisnis dan merek Anda untuk klien Anda? Apakah itu relevan untuk bisnis Anda, berkesan dan menyenangkan bagi pelanggan Anda?

NS. Tentukan ekspektasi tim

1. Pemilik usaha kecil perlu memastikan bahwa semua manajer dan karyawan berada di “halaman yang sama” setiap hari. Menetapkan ekspektasi dan akuntabilitas tim yang tepat, adalah hal paling berdampak yang dapat Anda lakukan untuk memastikan keberhasilan bisnis Anda. Mengadakan pertemuan mingguan dengan tim manajemen untuk membahas pencapaian dan tantangan.

3- Sistem: mulailah hari Anda dengan motivasi

J: Ambil buku catatan (atau laptop atau tablet) dan tuliskan pemikiran dan rencana Anda untuk hari itu. Apakah Anda lebih suka melakukannya di pagi atau sore hari, selalu merupakan ide yang baik untuk mundur, meninjau apa yang terjadi di siang hari (atau sehari sebelumnya), dan memikirkan cara-cara yang dapat Anda lakukan dengan lebih baik. Luangkan waktu untuk meninjau kartu skor keuntungan Anda, untuk menemukan hit dan kerugian cepat. Kirim email di mana Anda melihat pekerjaan hebat dilakukan pada hari sebelumnya.

b – Pilih 20% dari kegiatan yang mencapai 80% dari hasil yang diinginkan. Hilangkan aktivitas yang membuat Anda sibuk tetapi tidak membuahkan hasil setiap hari.

4- Memahami kebutuhan pelanggan

A: Tuliskan ide, baik untuk strategi pemasaran, lini produk, atau proyek baru yang ingin Anda ambil. Cantumkan ide-ide Anda tentang cara memperluas dan merevitalisasi bisnis Anda. Hanya dengan berinovasi dan terus mengadopsi produk dan ide baru yang relevan, bisnis Anda dapat meningkatkan daya saing dan profitabilitasnya.

NS. Luangkan waktu untuk memanfaatkan database pelanggan Anda dan terhubung dengan pelanggan Anda yang sudah ada. Baik melalui telepon, email, atau surat, hubungi pelanggan Anda untuk menyapa mereka dan mengingatkan mereka bahwa bisnis Anda siap melayani mereka lagi. Dapatkan pendapat mereka tentang apa yang mereka pikirkan tentang bisnis Anda (dan jadikan umpan balik pelanggan sebagai bagian dari operasi bisnis Anda). Anda perlu terus mencari cara untuk mendorong bisnis yang berulang. Meskipun pemasaran dan periklanan penting untuk mendapatkan lebih banyak pelanggan, kualitas, layanan, dan kepuasan pelanggan adalah yang membuat bisnis tetap sukses dalam jangka panjang.

5- Pahami rumus keuntungan dalam operasi harian Anda

A. Apa faktor penentu keberhasilan dalam bisnis Anda, tujuan harian dan bulanan untuk memenuhi atau melampaui profitabilitas tahunan?

NS. Kembangkan dasbor eksekutif untuk memantau kemajuan operasional setiap hari, mingguan, atau bulanan.

NS. Bandingkan dokumentasi waktu karyawan dengan informasi yang dikumpulkan dari proses pemantauan operasional Anda. Jika produktivitas tidak memenuhi atau melampaui tujuan, tinjau catatan waktu karyawan di mana waktu tidak digunakan seefektif mungkin dan buat penyesuaian pada peran pekerjaan karyawan. Jika operasi sesuai dengan sasaran, pertimbangkan untuk menaikkan sasaran sedikit demi sedikit sampai Anda mencapai titik impas.

6- Mempertahankan keterlibatan, motivasi, dan pelatihan karyawan

J: Sulit untuk menemukan karyawan yang baik; Namun mereka adalah komponen penting dari bisnis Anda. Semuanya bermuara pada memilih orang dan tipe kepribadian yang tepat untuk setiap peran sehingga tidak ada yang mengambil tugas yang mereka benci. Lupakan kelemahan pelatihan (terlalu memakan waktu), dan fokuslah untuk memanfaatkan kekuatan dan emosi. Periksa untuk melihat apakah mereka mendapatkan apa yang mereka butuhkan dan jadikan mereka bagian dari tim. Bantu mereka memahami pentingnya peran mereka dalam bisnis Anda dan bagaimana pekerjaan mereka memengaruhi bisnis secara keseluruhan. Tinjau hubungan Anda dengan karyawan Anda dan temukan cara untuk menjaga hubungan Anda tetap bahagia dan menghindari gesekan yang mahal.

NS. Tetapkan pemimpin yang tepat, seseorang yang memiliki proses dari awal hingga akhir.

1. Pemilik usaha kecil perlu menunjuk seorang pemimpin operasi untuk memiliki proses dari awal sampai akhir. Orang ini pasti terobsesi dengan detail, timbangan, dan angka. Mereka harus gembira untuk mencapai tujuan mereka, terinspirasi oleh pelatihan bisnis untuk berbuat lebih baik ketika mereka gagal. Mereka menyukai kesuksesan perusahaan Anda; Ini bukan pekerjaan tetapi petualangan bagi mereka.

7- Melacak peluang, pasar, dan produk baru

A. Mulailah tahun dengan menjelajahi pasar baru untuk bisnis Anda. Baik Anda ingin menargetkan demografi baru atau memajukan bisnis Anda di web, luangkan waktu untuk merencanakan cara memperluas pasar yang ada. Temukan cara untuk meningkatkan pemasaran Anda, baik dengan memenangkan publisitas mudah, mengatur open house, atau menyiapkan email langsung.

8 – Temukan cara untuk bekerja secara efisien dan dengan biaya lebih rendah

A. Motivasi karyawan dengan tujuan produksi dan tanyakan kepada karyawan dan manajer apa yang mereka butuhkan untuk meningkatkan operasi di tempat kerja. Jika saran tampak praktis dan sesuai anggaran, pertimbangkan untuk menerapkannya. Misalnya, hanya jadwalkan pertemuan 30 menit kecuali topiknya membutuhkan lebih banyak perhatian.

NS. Dokumentasikan operasi Anda

1. Mendokumentasikan alur kerja dari setiap proses dalam perusahaan, dengan kebijakan, prosedur dan instruksi khusus pelanggan. Ya, ini adalah latihan membosankan yang membutuhkan waktu lama di awal. Namun, jika Anda dapat memberikan dokumentasi yang jelas dan ringkas kepada tim Anda, itu tidak akan meninggalkan banyak ruang untuk miskomunikasi. Dokumentasi memfasilitasi orientasi karyawan baru, menyelamatkan bisnis dari mengandalkan satu orang dan memungkinkan bisnis untuk terus meningkatkan dan berinovasi proses, tanpa harus membuang bulan dan uang, meneliti dan mengumpulkan prosedur alur kerja dari pekerja kontrak yang tidak berpengalaman. Dokumentasi membantu menghindari “kesempatan yang terlewatkan” untuk memperlambat proses perubahan di pasar.

9 – Gunakan inisiatif peningkatan proses untuk keunggulan kompetitif Anda

Metodologi Six Sigma adalah alat yang dapat digunakan untuk meningkatkan proses, orang, dan keuntungan. Dengan menetapkan ukuran kinerja untuk operasi utama, ajukan pertanyaan berikut.

• Apa tujuan dari operasi utama?

• Apa keluaran yang diharapkan?

• Bagaimana pemilik proses mengetahui jika suatu operasi telah berhasil?

Manfaat Six Sigma untuk usaha kecil adalah

1. Menyediakan peta jalan dan alat untuk mengidentifikasi akar penyebab dan memecahkan masalah

2. Fakta pengambilan keputusan yang andal, metrik dan pengukuran yang ditingkatkan

3. Tingkatkan akurasi pesanan dan pengiriman tepat waktu

4. Meningkatkan efisiensi kerja di tingkat perusahaan

5. Meningkatkan kepercayaan dan profitabilitas pelanggan (pelanggan membeli kualitas yang lebih baik)

Sebagai pemilik bisnis, sangat penting bagi Anda untuk memahami bagaimana “teknologi” membantu saya menghasilkan lebih banyak uang dengan menghilangkan kesalahan dan biaya tambahan serta menarik lebih banyak klien.

Berinvestasi dalam teknologi baru yang akan membantu menyederhanakan proses dan meningkatkan produktivitas, setelah proses didokumentasikan. Ini mungkin termasuk komputer atau peralatan baru yang terkait dengan industri Anda, atau desain stasiun kerja dan sistem telepon yang lebih efisien. Memberikan pelatihan kepada karyawan baru untuk memastikan bahwa mereka terbiasa dengan cara melakukan fungsi pekerjaan mereka secara efektif. Jika karyawan berpengalaman berkinerja buruk, kirim mereka ke sesi pelatihan penyegaran.

Mendokumentasikan proses, menginstal Six Sigma, dan menerapkan teknologi meningkatkan pengalaman pelanggan dengan bisnis Anda, membuat pengukuran perencanaan laba Anda lebih transparan kepada karyawan di seluruh organisasi.

Menerapkan sistem pengenalan karyawan dan proses rekomendasi terus meningkatkan operasi untuk menyelaraskan kinerja dengan visi, misi, pengukuran kinerja, dan kartu skor pendapatan perusahaan. Kualitas meningkatkan hubungan emosional pelanggan dengan bisnis Anda. Pelanggan setia adalah pelanggan tetap yang merekrut orang lain untuk bisnis Anda, yang meningkatkan keuntungan.

10- Mengidentifikasi dan mengatasi titik lemah dalam sistem

NS. Evaluasi semua aspek proses bisnis Anda dan tuliskan area yang ingin Anda tingkatkan. Jika daftar jatuh tempo Anda lebih panjang dari daftar Sinterklas, cari tahu bagaimana Anda dapat meningkatkan proses penagihan dan penagihan Anda. Mungkin Anda perlu meningkatkan pencatatan Anda untuk membantu menandai Anda pada akun yang lewat waktu

11- Perhatikan pesaing Anda

Salah satu cara untuk mendapatkan keuntungan internal dari pesaing Anda adalah dengan mencari bantuan dari pelanggan Anda. Ini tidak harus terlalu sulit atau rumit. Cukup tanyakan kepada pelanggan Anda (dalam bentuk survei atau telepon tindak lanjut) apakah ada sesuatu yang dilakukan (atau dijual) oleh pesaing yang ingin mereka lakukan. Sekarang, idenya bukanlah Anda harus mengeluarkan uang sepeser pun dan menghormati setiap permintaan yang masuk.

Ia memiliki saham ekuitas di pesaingnya yang diperdagangkan secara publik. Ini saja membuat Anda memenuhi syarat untuk mendapatkan informasi keuangan terperinci tentang perusahaan setiap tahun. Tetapi bagaimana jika Anda dan pesaing Anda bukan perusahaan publik? Ide dasarnya sama: data keuangan apa pun yang Anda dapatkan layak untuk dimiliki. Anda ingin tahu sebanyak mungkin tentang berapa biayanya, siapa pemasoknya, dan bagaimana perbandingannya.

Jika ada jurnal perdagangan atau studi penelitian tentang bidang Anda, inilah saatnya untuk berlangganan – dan menyerap apa yang dikandungnya.

Selain menggunakan produk pesaing Anda, Anda harus meninjau dan mempelajari saluran penjualan mereka dengan cermat. Setiap bisnis yang sukses memiliki sistem untuk menarik, mendidik, menjual, dan menindaklanjuti pelanggan. Baik itu surat langsung, pemasaran online atau telepon, inilah infrastruktur yang mengubah pelanggan potensial mereka menjadi pembeli. Bagaimana Anda tahu jika saluran penjualan Anda berjalan pada kapasitas maksimum jika Anda tidak membandingkannya dengan pesaing?

12 – Go Play Golf: Jaringan, Jaringan, Jaringan

Jaringan bisnis yang efektif adalah menghubungkan individu yang, dengan membangun kepercayaan dan hubungan, menjadi yang terdepan dan mengiklankan bisnis Anda.

Bergabunglah dengan asosiasi bisnis untuk bertemu dengan pemilik bisnis lain, Anda mungkin terkejut siapa yang akan membantu kesuksesan Anda atau ide apa yang Anda dengar yang dapat memecahkan dilema Anda saat ini.

Bergabunglah dengan Kamar Dagang di daerah Anda dan berpartisipasi dalam acara layanan masyarakat. Terlibat dalam komunitas Anda dengan menjadi sukarelawan, menyumbang, dan/atau mensponsori acara lokal. Ini memberi Anda kesempatan untuk terhubung dengan pemilik bisnis lain dan mungkin melakukan promosi silang dengan orang lain. Pertemuan bulanan ini memberi tahu Anda apa yang terjadi secara ekonomi di wilayah Anda.

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Check Also
Close
Back to top button